6 Penyebab Deindex Google pada Website Yang Sering Terjadi

  • November 27, 2019
  • Blog

Apa jadinya jika website yang selama ini Anda rawat, baik itu menggunakan jasa SEO, jasa backlink atau upaya sendiri hingga memiliki nilai trafic yang tinggi di mesin penelusuran justru nilai traficnya menurun bahkan hancur hingga website Anda tidak memiliki pengunjung lagi? Tentu Anda akan sangat menyesal bukan?!

6 Penyebab Deindex Google pada Website Yang Sering Terjadi

Source via: hanamera.com

Jangan salah, kondisi ini benar-benar bisa terjadi pada website Anda. Kondisi ini dinamakan dengan deindex google.

Deindex Google merupakan kondisi di mana website sudah tidak masuk ke dalam index Google sehingga website tidak akan muncul di pencarian Google sama sekali. Walaupun Anda sudah mencoba mencari berkali-kali dengan cara apapun dan dengan kata kunci mana pun, website yang terkena dampak deindex google tidak bisa muncul di hasil pencarian.

Baca juga : Optimalkan Website dengan Penerapan Backlink No Follow dan Do Follow yang Tepat agar Lebih Efektif!

Adapun mengapa Google melakukan deindex, tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada pengunjung agar pengunjung tidak membuka website yang dianggap bermasalah.

Penyebab Website Terkena Deindex Google

Adapun mengapa sebuah website terkena deindex adalah disebabkan oleh banyak hal, di antaranya:

1. Duplikat konten

Duplikat konten adalah konten yang isinya sama persis seperti yang telah diposting sebelumnya. Ada dua jenis dalam duplikat konten, yaitu duplikat konten dari website orang lain dan duplikat konten dari website sendiri. Istilah ini sering juga disebut sebagai copy paste konten (copas), atau dalam bahasa akademis disebut sebagai tindakan plagiarisme.

2. Sedikit konten

Website yang memiliki konten yang minim berpotensi untuk terkena deindex google karena Google selalu ingin memberikan pelayanan yang penuh kepada pengunjungnya, salah satunya dengan memberikan jawaban yang solutif. Oleh karena itu, Google menganggap website yang memiliki konten yang sedikit sebagai website yang tidak memberikan jawaban memuaskan dan memiliki kualitas yang rendah sehingga Google melakukan deindex Google pada website tersebut.

3. Keyword stuffing

Keyword stuffing merupakan konten yang dimasukkan keyword dengan jumlah yang tidak wajar. Keyword stuffing pada mulanya dianggap efektif dan mampu menaikkan trafic website, namun kini Google lebih pintar dan justru menganggap bahwa konten yang dimasukkan keyword terlalu banyak sebagai konten yang buruk. Konten keyword stuffing akan menyebabkan website masuk ke dalam deindex Google.

4. Link tidak natural

Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai trafic website adalah dengan membangun link, itulah sebabnya banyak sekali jasa backlink PBN. Namun dalam membangun link tentu saja Anda harus mempertimbangkan banyak hal, seperti link yang berkualitas dan link yang relevan dengan isi konten/website. Link yang buruk dan tidak relevan akan terbaca sebagai link yang tidak natural yang dapat mengecewakan pengunjung sehingga Google akan memasukkan website Anda ke dalam deindex Google.

5. Domain kedaluwarsa

Domain yang kedaluwarsa akan otomatis masuk ke dalam daftar deindex Google, karenanya Anda harus segera melakukan pembaruan jika domain sudah masuk masa tenggang.

6. Perubahan algoritma Google

Google kerap melakukan perubahan algoritma untuk meningkatkan kualitasnya. Anda harus mengikuti perubahan algoritma tersebut dan segera menyesuaikannya dengan konten-konten dalam website Anda. Jika tidak, website Anda berpotensi masuk ke dalam deindex Google. Salah satunya seperti keyword yang 10 tahun lalu masih relevan banyak dimasukkan, tapi kini dianggap keyword stuffing. Begitu pula dengan backlink dan komponen pembangun website lainnya sehingga Anda harus berhati-hati dan terus update akan perubahan algoritma Google. Oleh karena itu, sebaiknya dalam membangun website menggunakan jasa backlink, jasa SEO dan lain sebagainya sehingga website Anda terhindar dari deindex Google.

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

Artikel Kami Lainnya

Lihat posting lainnya