Optimalkan Website dengan Penerapan Backlink No Follow dan Do Follow yang Tepat agar Lebih Efektif!

  • August 8, 2019
  • Blog

Istilah backlink tidak akan asing bagi para pegiat blog. Salah satu teknik optimasi situs yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan penggunaan backlink secara tepat. Namun perlu diketahui, backlink ini terdiri dari dua jenis  nilai atribut yang dihasilkan; backlink no follow dan do follow. Kebanyakan, jasa backlink menawarkan penerapan kedua jenis link agar perkembangan web lebih maksimal dan cara kerja backlink pun lebih efektif.

Penerapan Backlink No Follow dan Do Follow

Dua jenis backlink ini, dilihat dari namanya, tentu punya dua arti dan fungsi yang berbeda. Untuk link do follow, tentu link ini mengajak user untuk mengikuti link kepada laman yang dituju. Sebaliknya, no follow tidak menyertakan link yang memerintahkan search engine untuk mengikuti link tersebut. Lantas, bagaimana penerapanan backlink do follow dan no follow ini secara efektif? Berikut langkahnya!

Backlink Do Follow

Backlink Dofollow

Backlink do follow, merupakan sebuah link yang meminta search engine untuk mengikuti situs yang tersisipi di dalam link tersebut. Artinya, ketika Anda membuat link do follow, maka siapa saja yang melihat dan mengklik link tersebut, akan langsung di arahkan dan mengikuti link tersebut menuju halaman tertentu. Bagaiamana cara penerapan backlink do follow?

Baca juga: Kelebihan Backlink yang Didapat dari Web Edu

Pada dasarnya, penerapan link jenis ini mudah, bisa dilakukan sendiri tanpa jasa backlink. Anda tidak perlu mengubah apapun pada link sebuah laman, hanya perlu melakukan insert link, maka link tersebut akan menjadi backlink do follow untuk situs yang tersisipi. Untuk mengefektifkannya, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Langkah pertama yang perlu dipersiapkan oleh Anda tentunya mempersiapkan link situs yang akan disematkan. Pastikan laman tersebut related dengan konten yang akan di-publish dan punya keterkaitan masing-masingnya.
  2. Jika sudah mempersiapkan link tujuan, highlights atau copy link tersebut. Selanjutnya, saat Anda sedang membuat konten, insert link tersebut pada konten tanpa mengubah apapun karena sudah di-setting default.

Biasanya, link jenis ini nantinya akan ditandai dengan atribut rel=’dofollow’. Meskipun ada juga yang tanpa atribut.

Link No Follow

Link No Follow

Selain do follow, ada juga link no follow yang mana link ini dibuat namun meminta search engine tidak mengikuti laman yang jadi tujuannya link tersebut. Meskipun tidak berpengaruh pada jumlah traffic sebuah website, namun link ini bisa memberikan keseimbangan proses penerapan teknik Search Engine Optimization Anda.

Atau link ini pun bisa dibuat karena link tujuan tidak dianjurkan untuk dilihat karena mempunyai reputasi buruk, sehingga meminimalisir turunnya kredibilitas situs sebab mengintruksikan laman yang tidak baik. Nah, bagaimana cara penerapan link no follow ini?

  1. Sebelum menerapkan link no follow, perhatikan terlebih dahulu beberapa bagian situs yang sebaiknya tidak disisipi link ini. Biasanya link ini sering disematkan pada bagian link banner sponsor, link iklan, atau seperti tadi, link situs yang punya reputasi tidak baik (pornografi, perjudian dan sebagainya).
  2. Siapkan link yang dibutuhkan kemudia lakukan pengeditan. Pada dasarnya semua link adalah instruksi do follow, agar fungsinya menjadi no follow maka Anda harus mengeditnya.
  3. Gunakan beberapa fitur edit link dalam melakukan editing. Cara sederhana adalah dengan edit link sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah pada laman box saat menulis konten.
  4.  Selain fitur edit link sederhana, Anda juga bisa menggunakan HTML. Dalam penerapannya, Anda bisa mulai dengan membuka HTML postingan yang dituju, kemudian tambahkan link postingan tersebut dengan menyematkan atribut rel=’nofollow’ pada link.

Penerapan backlink do follow dan no follow memang sangat berpengaruh pada proses optimalisasi web yang Anda kelola. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam penerapannya. Sebisa mungkin juga Anda mendapatkan backlink dari situs kredibel dan berkualitas, dan sematkan kedua link agar proses SEO seimbang. Jika memang sedikit kesulitan dalam penerapan, menggunakan jasa backlink bisa jadi solusi terbaik.

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

Artikel Kami Lainnya

Lihat posting lainnya