Ini Dia Cara Menggunakan Google Keyword Planner, Penulis Web Wajib Baca!

  • December 13, 2019
  • Blog
No Comments

Untuk kamu yang menjadi penulis aktif pada website atau blog, tentunya sudah mengenal sistem kerja dari SEO pada google dong. Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapat rating yang tinggi dari google. Dalam strategi SEO, yang utama adalah riset kata kunci atau keyword research. Jadi, ketika kamu membuat sebuah tulisan, kamu harus menentukan dulu keyword yang tepat dengan cara melakukan riset.

Ini dia cara menggunakan google keyword planner, Penulis Web Wajib Baca!

Dengan melakukan research ini, dapat membantu kamu menemukan keyword yang pas untuk artikelmu, yang kemudian akan membuat tulisanmu dilirik google dan mudah untuk menjadi peringkat teratas pada pencarian google. Untuk melakukan research keyword ini, kamu membutuhkan yang namanya google keyword planner untuk memudahkanmu melakukan pencarian. Namun, jika kamu masih belum paham tentang google keyword planner ini jangan berkecil hati. Simak penjelasan berikut ini

Tentang Google Keyword planner

Google keyword planner adalah salah satu tools yang ada pada google yang digunakan untuk melakukan research keyword. Ia akan memberikan keyword yang sesuai dengan tulisan kamu, dan yang paling banyak digunakan. Masyarakat biasanya mengenal kalau keyword planner ini harus satu paket dengan google AdWords, yang mana sebagian besar orang berfikir bahwa hal ini akan rumit. Tapi ternyata tidak juga loh, kamu tetap bisa menggunakan google keyword planner ini tanpa harus membuat iklan terlebih dahulu.

Adapun fungsi dari google keyword planner ini adalah dapat menganalisis kata kunci yang kamu butuhkan perbulan. Mereka akan mencari kata kunci apa yang paling banyak digunakan untuk artikel yang sesuai dengan tema artikelmu. Juga memberikan saran untuk kata kunci yang tepat, serta kamu akan mengetahui harga-harga untuk memasang AdWords pada google.

Setelah kamu mengetahui setidaknya sedikit dari pengertian serta fungsi dari google keyword planner ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Untuk kamu yang masih belum mengerti bagaimana cara menggunakan google keyword planner, jangan khawatir. Kita akan memberikan penjelasannya disini.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Sebelum kamu menggunakan keyword planner, kamu tetap harus memiliki akun Google Ads dulu ya walau tidak perlu kamu gunakan. Karena jalan untuk memakai tools ini hanya dengan memiliki akun Google Ads.

1. Setelah kamu memiliki akun Google Ads, kamu akan langsung masuk ke dashboard dan mendapatkan banyak pilihan. Untuk meggunakan google keyword planner kamu harus klik menu tools dipojok kanan atas lalu pilih keyword planner. Google keyword planner memiliki dua fitur utama, yaitu Find Keywords dan Get search volume and forecast.

Cara menggunakan google keyword planner

a. Find Keywords

Find keyword ini akan membantumu untuk menemukan kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang kamu cari. Di setiap saran kata kunci akan terdapat informasi tentang volume pencariannya.

Baca juga : Pentingnya Kegunaan Domain Authority yang Wajib Diketahui!!

b. Get search volume and forecast

fitur yang satu ini berfungsi untuk memberikan kamu perkiraan. Kamu bisa mendapatkan data tentang perkiraan klik, impression, dan Click Through Rate (CTR) dengan menggunakan fitur ini.

2. Setelah mengetahui kedua fitur di atas, kamu bisa mulai mencari kata kunci yang kamu butuhkan. Kamu bisa melihat dari kompetitormu, dan kamu juga bisa menggunakannya.

3. Kemudian berdasarkan tingkat kompetisinya kamu filter kata kunci. Sehingga kata kunci yang muncul nanti adalah hasil yang terbaik

4. Temukan kata kunci potensial, dengan cara melihat kata kunci Top of page bid (high range) tertinggi.

Nah itu dia beberapa cara menggunakan google keyword planner yang akan membantumu untuk menemukan keyword yang pas dan sesuai.

ACTION NOW !!

Postingan Lainnya