best digital marketing forever!

Ingin Website WordPress Anda SEO Friendly? Inilah Caranya

ingin-website-wordpress-anda-seo-friendly-inilah-caranya

Bila anda ingin mengembangkan bisnis anda melalui sebuah website yang kemudian dapat dioptimasi dengan jasa SEO kami, memanfaatkan WordPress sebagai platformnya adalah tindakan yang bagus. Dengan jenis CMS (Content Mangement System) yang satu ini situs anda akan lebih mudah untuk dibangun menjadi website yang SEO friendly. Saking mudahnya bahkan anda pun bisa mengerjakan sendiri aspek on page SEO sehingga secara cepat anda bisa mendapati situs anda ramah untuk dioptimasi.

Sejak dulu WordPress memang sudah terkenal mudah digunakan bahkan oleh seorang admin web pemula sekali pun. Kita dapat menginstal CMS tersebut secara gratis. Sudah begitu prosesnya pun cepat dan tidak rumit. Terlepas dari semua kemudahan itu lebih dulu anda harus mengerti apa saja yang perlu diperhatikan ketika mengoptimasi website berbasis WordPress.

 

Menentukan Server dan Template

Di permulaan ada baiknya kita bahas terlebih dahulu dua hal penting yang menentukan seberapa bersahabatnya website anda terhadap metode SEO. Pertama adalah soal server yang anda pilih dan kedua yaitu tentang template.

Seberapa pun hebatnya upaya optimasi yang kita lakukan, bila kedua hal tersebut tidak mendukung maka kinerja SEO juga tidak akan maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya kita tidak asal – asalan dalam menentukan server dan template.

Untuk mengetahui seberapa baik pengaruh server dan template terhadap website anda, anda bisa memanfaatkan tools gratisan berikut ini:

 

Pada kedua tools tersebut anda bisa menemukan informasi dari kecepatan server dalam memberi respon serta kecepatan load page dari tema yang digunakan pada website anda. Patokan website SEO friendly minimal mempunyai rating insight 60. Semakin besar angka ini maka semakin baik. Sedangkan untuk durasi loading web maksimal 5 detik. Jika di bawah durasi tersebut artinya website anda tergolong bagus untuk dioptimasi.

Apabila pada pengecekan ini anda mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, cobalah mempertimbangkan server yang anda gunakan. Mungkin anda perlu beralih ke paket server yang lebih tangguh. Selain itu demi meningkatkan kecepatan loading maka akan lebih baik jika anda kembali mencari template yang lebih fleksibel. Kenapa harus demikian? Sebab tema yang fleksibel memungkinkan website anda dapat diakses dengan cepat di semua perangkat yang dipakai oleh setiap pengunjung anda mulai dari komputer PC, tablet, dan handphone.

Ketika anda sudah mendapatkan penilaian bagus dari tools di atas maka anda boleh tersenyum lega. Paling tidak tahap awal pengembangan website SEO friendly sudah anda penuhi.

 

Memanfaatkan Plugin SEO WordPress

 

Memanfaatkan Plugin SEO WordPress

Platform Wodrdpress hadir dengan segudang pluging yang mampu meningkatkan kinerja website anda. Karena disini kita sedang berbicara optimasi maka sudah sepantasnya anda menginstal pluging semacam itu pada website anda.

Umumnya pluging SEO memungkinkan pengelola web untuk mengatur elemen meta pada masing – masing halaman. Selain itu kegunaan lain dari plugin tersebut antara lain adalah:

  • Memetakan situs secara otomatis.
  • Mengintegrasikan halaman web dengan Google Search Console.
  • Menganalisa konten SEO
  • Menampilkan preview post pada hasil pencarian
  • Dan lain sebagainya.

 

Salah satu plugin SEO yang cukup sering kami gunakan adalah Yoast SEO. Plugin ini menawarkan fitur yang terbilang lengkap. Setidaknya di dalam plugin tersebut meliputi hampir seluruh setting dasar SEO WordPress.

 

Mengaitkan Kata Kunci Secara Optimal dan Efektif

Sudah pasti kata kunci menjadi hal yang amat krusial pada langkah optimasi. Karena inilah yang menjadi target anda. Menggunakan kata kunci yang pas dan relevan secara efektif pada website anda begitu berpengaruh bagi peringkat web di halaman hasil pencarian.

Karena itu ingatlah untuk selalu mengaitkan kata kunci anda pada beberapa elemen di halaman web, antara lain:

  • Url atau alamat halaman web
  • Meta title and description (diatur melalui plugin)
  • Judul halaman
  • Subheading post (H2, H3, dan seterusnya)
  • Nama dan alternatif teks file image

 

Kurang lebih lima elemen halaman web tersebut dapat menjadi tempat dimana anda boleh menyisipkan kata kunci. Namun penting bagi anda untuk selalu ingat, jangan pernah menggunakan kata kunci secara berlebihan. Cukup berikan sentuhan natural saat anda hendak memasukannya di dalam halaman website anda.

 

Jumlah dan Kualitas Konten Menentukan Hasilnya

Jumlah dan Kualitas Konten Menentukan Hasilnya

Anda yang menginginkan website SEO friendly pada akhirnya harus sadar bahwa hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah jumlah dan kualitas konten di web anda. Buatlah artikel – artikel menarik nan bermanfaat bagi para pengunjung anda. Hanya dengan cara ini pengunjung bisa merasa puas sehingga tertarik untuk menelusuri lebih jauh konten – konten yang telah anda sajikan.

Pengaruhnya tentu sangat positif. Di mata Google sebuah website yang mendapat kunjungan berdurasi panjang memiliki nilai lebih. Dalam hal ini mereka menganggap website anda menjadi hasil pencarian yang sangat relevan dengan kata kunci yang dicari pengguna Google. Oleh sebab itu web tersebut menjadi pantas untuk diletakan pada posisi teratas di halaman satu hasil pencarian.

Pada akhirnya bila semua poin di atas sudah benar – benar anda perhatikan dan anda kelola dengan sempurna maka ledakan jumlah pengunjung website anda tidak lama lagi akan terjadi.

Semoga apa yang kami sampaikan disini cukup jelas dan bisa anda pahami. Jika anda merasa kurang mampu untuk melakukan optimasi sendiri, tidak ada salahnya menghubungi kontak kami dan meminta bantuan. Layanan jasa seo selalu ada untuk anda sebab kami adalah partner terbaik dalam meningkatkan kesuksesan bisnis online yang bisa anda dapatkan.