best digital marketing forever!

Memahami Lebih Dalam Apa Itu Anchor Text

Memahami Lebih Dalam Apa Itu Anchor Text

Berbicara mengenai Anchor Text tampaknya masih banyak di antara kita yang belum cukup memahaminya dengan baik. Tidak perlu jauh – jauh membahas cara menggunakannya dalam backlink. Pengertian dari istilah ini pun mungkin sebagian kita bahkan tidak tahu sama sekali.

Sehubungan kami di Jaya SEO melayani jasa backlink maka kami pikir sangat penting bagi kami untuk memberikan pengetahuan seputar anchor text kepada anda. Jadi mari kita mulai mengulasnya secara detail. Pastikan anda membaca tulisan artikel ini hingga akhir.

 

Mengenal Anchor Text

Achor text berasal dari Bahasa Inggris yang artinya “Teks Jangkar”. Maksud sebenarnya dari istilah ini adalah sebuah kata / frasa / kalimat yang dipakai untuk memasang link atau tautan. Link ini mengarah ke website lain. Dalam beberapa kasus link tersebut bisa juga mengarah ke halaman lain dari website tempat backlink itu sendiri.

Biasanya kita menjumpai teks ini memilki warna berbeda atau menyala. Pada struktur html anchor text dibuat dengan kode a href.

Contohnya:     <a href=”https://jayaseo.com/”>Jasa SEO</a>

Dari contoh tersebut frasa “Jasa SEO” menjadi anchor textnya sedangkan “https://jayaseo.com/” ialah tautan di dalam teks itu. Disini kita akan menemukan teks tersebut muncul di halaman dengan tampilan yang berbeda. Ketika kita meletakan pointer mouse di atasnya maka dapat kita klik.

 

Pentingnya Anchor Text

Alasan kita membuat backlink adalah untuk mendukung peningkatan posisi website yang ditautkan pada anchor text di hasil pencarian Google. Sementara raksasa search engine ini memakai algoritma Penguin maka penggunaan anchor text menjadi sangat penting. Pasalnya algoritma tersebut berfungsi untuk menilai relevansi antara kelompok kata dengan link yang terkandung di dalamnya.

Disini kita ketahui bahwa teks tersebut menentukan bagaimana Google akan memandang website kita. Kekeliruan dalam penggunaannya bisa mendatangkan sanksi dari pihak mereka. Karena itulah kita boleh menyepelekan anchor text. Pastikan kita mengaturnya secara proporsional dan tidak berlebihan agar aman dari penalti. Sebaliknya jangan pula terlalu sedikit sebab akan mengurangi kinerja backlink.

Algoritma Penguin yang memainkan peran untuk menghimpun populasi anchor text oleh Google setidaknya perlu kita pahami cara kerjanya. Pengetahuan tersebut menjadi modal bagi kita untuk mencegah terjadinya kesalahan yang berakhir pada jatuhnya penalti terhadap situs kita.

 

Bagaimana Anchor Text Menjadi Penilaian Google

Sejujurnya di kalangan penyedia jasa backlink murah ada banyak sekali asumsi soal bagaimana search engine dengan algoritma Penguin-nya melakukan penilaian terhadap penggunaan anchor text. Namun dari berbagai asumsi tersebut kita bisa menemukan satu benang merah. Di bawah ini adalah alur kerja algoritma Penguin .

  • Pertama – Pengindeksan Backlink

Setelah kita selesai membuat suatu backlink Google akan mengindeksnya secara otomatis. Pekerjaan ini pada dasarnya dilakukan oleh pihak mereka setiap saat. Bisa saja nantinya semua backlink kita terindeks. Namun pada kondisi tertentu hanya beberapa saja yang terindeks.  Google mempunyai patokan tersendiri terkait masalah itu.

  • Kedua – Backlink Masuk ke Database

Url halaman backlink yang sudah terindeks kemudian masuk ke database tempat dimana data tautan yang ada di internet tersimpan. Perlu anda ketahui bahwa mereka tidak menyimpan data per satuan web. Namun karena Google adalah sebuah mesin pencari mereka pun memasukan data link dari suatu website  per kata kunci. Pada akhirnya tautan web yang kita tembak tersimpan sesuai dengan anchor text yang kita pakai.

  • Ketiga – Analisa Oleh Google

Dua tahap di atas terjadi berulang – ulang sehingga Google pun mempunyai database yang cukup untuk mengenali profil dari website kita khususnya terkait kata kunci apa yang kita optimasi pada setiap halaman. Profil website kita ini kemudian akan disandingkan dengan profil dari backlink yang sudah kita miliki. Disinilah penilaian Google terjadi.

Melalui Algoritma Penguin variasi anchor text yang kita terapkan menjadi poin utama penilaian.

Begini penjelasannya. Misal kami telah membangun ratusan backlink untuk  halaman layanan backlink di situs Jayaseo.com ini. Ternyata kami hanya menggunakan anchor text “Jasa Backlink” untuk keseluruhan backlink tersebut tanpa sedikit pun menyelengi dengan anchor text lain. Akibatnya tanpa banyak pertimbangan Google langsung melayangkan hukuman kepada website kami.

Pada dasarnya algoritma Google mempunyai logika yang sangat masuk akal sehingga alasan dari keadaan tersebut sederhana saja. Tidak mungkin ada ratusan pengelola web yang memberikan backlink bagi website kami dengan masing – masing mereka memakai anchor text yang sama. Tampak terang sekali bahwa tindakan itu termasuk spam. Inilah alasan Google memberikan kartu kuning.

 

Tipe Anchor Text Untuk Menjadikannya Bervariasi

Jelas bahwa kita wajib memvariasikan anchor text pada tiap – tiap backlink. Sesungguhnya hal ini sangat mudah untuk kita lakukan. Anchor text terdiri dari aneka ragam tipe. Kita cukup menfaatkan setiap tipe pada tempat dan waktu yang tepat. Cari tahu apa saja tipe anchor text di bawah ini.

  • Branded Anchor

Branded Anchor adalah teks untuk tempat tautan yang berupa merek atau nama dari website kita.

Contoh: Bagi anda yang sedang membutuhkan layanan SEO bergaransi, percayakan saja pada Jaya SEO.

  • Naked Link Anchor

Tipe kedua ini langsung menggunakan alamat website sebagai anchor text.

Contoh: https://jayaseo.com dan jayaseo.com.

  • Generic Anchor

Berbeda dengan dua tipe sebelumnya yang memakai teks terkait identitas situs, generic anchor sama tidak berkatan sama sekali.

Contoh: Lihat selengkapnya, klik disini, lihat disini, dan kata – kata sejenisnya.

  • Partial Match Anchor

Patial Mach Anchor sebetulnya adalah anchor text yang meletakan keyword sebagai bagian dari kumpulan kata.

Contoh: Situs jasa SEO terbaik, Layanan jasa SEO berkualitas, dan sebagainya

  • Brand and Keyword Anchor

Kali ini kita menggabungkan branded anchor dengan keyword yang kita inginkan.

Contoh: Jasa backlink di JayaSEO, dan Membangun backlink bersama JayaSEO.

  • Exact Mach Anchor

Terakhir inilah tipe anchor teks yang paling sering kita gunakan yaitu berwujud kata kunci itu sendiri. Ingat, meskipun dengan tipe anchor ini kita bisa mendapatkan hasil maksimal namun jangan terlalu sering memakainya. Di atas telah kita ketahui resikonya.