5 Cara SEO untuk Website Baru agar di Peringkat 1 Mesin Pencari

  • October 14, 2020
  • Blog
No Comments

Bagi Anda pemilik website baru, suka atau tidak suka Anda perlu belajar Search Engine Optimization atau populer dengan singkatan SEO. Perlu diketahui, SEO memiliki peranan yang penting untuk menaikkan peringkat situs website di mesin pencari. Oleh karena itu, Anda harus belajar tentang SEO.

Cara SEO untuk Website Baru

Memang belajar SEO tidak mudah, Anda butuh kesabaran untuk mempelajarinya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara SEO untuk website baru yang paling utama untuk dipelajari. Pastikan, sebelum mempelajari cara SEO, Anda perlu tahu apa yang dimaksud dengan SEO? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu proses yang berfungsi untuk melakukan optimasi website supaya berada di peringkat pertama dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. SEO ini memiliki banyak manfaat.

Adapun manfaat SEO bagi suatu website adalah sebagai berikut.

  1. Website mudah ditemukan oleh mesin pencari di dunia maya, seperti: Google, Bing dan mesin pencari lainnya.
  2. Dapat menaikkan trafik pengunjung website.
  3. SEO dapat menjadikan website lebih berkualitas.
  4. SEO membuat website mudah dikenali, terutama dengan penempatan keyword yang relevan.
  5. Dapat menempatkan website di peringkat pertama mesin pencari.

 

5 Cara SEO untuk Website Baru yang Wajib Anda Tahu

Begitu banyak manfaat SEO, membuat pemilik website melakukan berbagai cara untuk memahami SEO. Nah, bagi Anda pemilik website baru, Anda tidak perlu mahir SEO. Itu karena ada 5 cara SEO untuk website baru yang harus Anda pelajari. Adapun 5 cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset Keyword

Memang bukan yang utama, namun kata kunci (keyword) merupakan hal terpenting dalam menempatkan website di peringkat pertama mesin pencari. Oleh karenanya, riset kata kunci merupakan cara SEO yang banyak dilakukan pemilik website.

Ada tujuan riset kata kunci adalah sebagai berikut.

  • Adanya kata kunci dapat membantu Anda dalam memahami kebutuhan pasar di dunia maya.
  • Memudahkan pengguna website lebih mudah melacak konten yang Anda buat.
  • Dapat meningkatkan trafik pengunjung website Anda.

2. Gunakan Plugin SEO di Website Anda

Cara SEO untuk website baru yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin SEO di website Anda. Umumnya para pemilik website menggunakan plugin Yoast SEO  di website-nya. Adapun keuntungan menggunakan plugin SEO adalah sebagai berikut.

  • Memberikan kemudahan kepada pemilik website dalam optimalisasi setiap postingan atau halaman website dengan memanfaatkan kata kunci.
  • Terdapat built – in analysis yang sudah terintregasi dengan up date terbaru algoritme Google.
  • Plugin SEO umumnya dibekali dengan schema markup dan sitemap XML.

3. Manfaatkan Google Search Console di Website Anda

Google Search Console

Cara SEO lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan tool Google Search Console. Tool ini merupakan alat untuk menunjukkan tampilan website pada mesin pencari. Selain itu, Google Search Console dapat memberikan peringatan jika kemungkinan terjadi error system.

4. Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Pastinya, setiap pemilik website baru menginginkan situs-nya berada di peringkat pertama mesin pencari Google. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan optimalisasi performa website Anda supaya mobile friendly. Adapun yang dimaksud dengan mobile friendly adalah kemudahan akses untuk konten website supaya mudah diaplikasikan di perangkat mobile atau smartphone.

Perlu diketahui, website yang mobile friendly akan mudah berada di peringkat pertama mesin pencari. Itu karena saat ini banyak sekali pengunjung website yang melakukan browsing menggunakan smartphone. Jadi, pastikan website Anda sudah menerapkan mobile friendly. Cek website Anda disini: https://search.google.com/test/mobile-friendly?hl=ID

5. Perhatikan Kecepatan Loading Website Anda

Ternyata, kecepatan loading juga berpengaruh terhadap peringkat website di mesin pencari. Hal itu karena loading website yang lama dapat membuat mesin pencari tidak mudah menemukan website Anda. Selain itu, loading website yang lama dapat membuat pengunjung website kecewa dan malas untuk berkunjung kembali. Jadi, pastikan website Anda memiliki kecepatan loading yang maksimal.

 

Itulah 5 cara SEO untuk website baru yang perlu Anda ketahui supaya website berada di peringkat pertama mesin pencari. Pastikan, Anda mempelajari SEO sebaik mungkin supaya website Anda menduduki peringkat pertama mesin pencari. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses untuk website Anda.

 

ACTION NOW !!

Postingan Lainnya