5 Tips Penggunaan Webmaster Tools dari Google Ini Wajib Banget Kamu Tahu!

  • September 24, 2019
  • Blog

Setiap pemilik blog atau pengelola website tentu menginginkan konten mereka menempati posisi pertama dalam mesin pencarian (search engine) Google. Menempati posisi pertama pada halaman pertama di mesin pencarian tentu akan berdampak pada jumlah pengunjung website itu sendiri.

Saat konten dari sebuah website menempati peringkat pertama itu berarti bahwa konten tersebut memberikan manfaat dan banyak dikunjungi oleh para pengguna internet. Dan tentu itu merupakan tujuan utama seseorang menulis kontennya di blog maupun website. Selain memiliki konten yang berkualitas baik, untuk naik peringkat di mesin pencari ini juga bisa dipengaruhi oleh hal-hal lain misalnya memiliki backlink berkualitas. Namun adakalanya melakukan link building (backlink) ini sangat sulit untuk dilakukan. Untuk itu, memakai jasa backlink bisa menjadi opsi yang dipilih oleh para blogger.

Karena alasan-alasan di atas maka tak heran jika para pengelola website berlomba-lomba agar konten dalam website nya bisa terindex Google bahkan naik peringkat. Selain bisa menggunakan jasa backlink murah untuk memperkuat konten yang diposting dalam website, para blogger juga difasilitasi oleh Google dengan sebuah tools untuk mensubmit artikel mereka agar lebih mudah terindex dan bisa naik peringkat di mesin pencarian. Tools yang disediakan tersebut dinamakan Google Webmaster yang sekarang dinamakan Google Search Console.

Google Webmaster tools sendiri adalah sebuah tools dari Google yang diperuntukkan untuk membantu para blogger guna meningkatkan traffic serta meningkatkan ranking websitenya dalam mesin pencari Google. Google Webmaster ini akan menampilkan laporan status artikel yang terindeks pada website yang didaftarkan google Webmaster yang sekarang dinamakan Google Search console. Tools ini bisa dinikmati secara gratis oleh para blogger. Sebenarnya tak harus kamu memakai jasa backlink jika ingin belajar tentang SEO, penanaman link (backlink) dan pemanfaatan Webmasters tools google.

5 Tips Penggunaan Webmaster Tools dari Google Ini Wajib Banget Kamu Tahu!

Tips Penggunaan Webmaster tools dari Google

Berikut adalah beberapa tips mudah penggunaan Webmaster Tools Google dengan baik dan benar.

1. Lakukan Persiapan

Hal yang harus kamu persiapkan sebelum menggunakan Google Webmaster adalah:

  • Memastikan mempunyai akun Google karena untuk mendaftar ke Google Search console ini diharuskan menggunakan akun Google yang masih aktif.
  • Mempunyai sebuah website yang sudah siap untuk di index Google. Jangan lupa untuk selalu aktif dan mengupdate konten pada website yang kamu miliki agar jumlah pengunjung semakin banyak dan semakin dipercaya oleh Google karena kamu memiliki konten dan artikel yang berkualitas.

2. Mendaftar Di Google Webmaster Tool (Search Console)

Langkah selanjutnya yaitu membuka situs https://search.google.com/search-console dan login ke webmaster dengan mengklik add property.

3. Memasukkan URL Website yang Dimiliki

Setelah selesai sign in, kamu tinggal memasukkan alamat website yang kamu miliki pada kolom site URL.

4. Melakukan Verifikasi

Setelah tahap ketiga diatas selesai kamu harus melakukan verifikasi agar google lebih mudah untuk melacak website yang kamu miliki. Untuk melakukan verifikasi ini sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti tiHTML file, HTML tag, Google Analytics, Google Tag Manager dan Domain name provider.

5. Verifikasi Selesai dan Submit Artikel Bisa Segera Dilakukan

Setelah tahap verifikasi selesai kamu langsung bisa melihat aktivitas dan laporan dari performa website yang kamu miliki. Secara pelan tapi pasti Google akan merambahi website yang kamu miliki untuk mengindeks artikel satu persatu.

Penting untuk para blogger untuk men-submit blog dan artikel mereka pada Webmaster Google. Selain meminta bantuan jasa backlink murah pada para ahli SEO, kamu juga bisa meminta pengarahan tentang cara penggunaan Webmaster Google yang benar.

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

Artikel Kami Lainnya

Lihat posting lainnya