Cara SEO Artikel Blog agar Page One Google

  • November 3, 2020
  • Blog
No Comments

Sudah sejak bertahun-tahun lalu istilah SEO sangat ramai diperbincangkan warganet karena berkaitan langsung dengan ranking website yang diolah oleh mesin pencarian. Merumuskan langkah optimasi konten demi meningkatkan rating website tidak semudah yang dibayangkan. Namun begitu, pada akhirnya sekarang ini ada banyak sekali cara SEO artikel blog yang menjadi pedoman unggah artikel para blogger.

Cara SEO Artikel Blog

Hal ini dikarenakan semakin bagus artikel yang Anda buat dan mematuhi kaidah SEO (yang notabene banyak diteliti para ahli SEO), maka semakin bagus pula kualitas website Anda di mata mesin pencarian seperti Google. Untuk itu, Anda pun hendaknya memahami dan menerapkan cara SEO artikel blog agar website Anda lebih standout.

Cara SEO Artikel Blog Untuk Tingkatkan Rating Website

Jika Anda browsing, akan Anda temukan banyak cara SEO artikel blog yang bisa dijadikan pedoman pembuatan dan upload konten di website. Berikut ini kami berikan langkah-langkah unggah artikel website sesuai dengan kaidah SEO (SEO Friendly) yang lebih sederhana :

1. Riset keyword atau kata kunci artikel

Kata kunci pada sebuah artikel layaknya umpan yang digunakan untuk memancing. Sebelum Anda menulis artikel, sebaiknya riset terlebih dahulu keyword atau kata kunci yang ingin dimasukkan di dalam artikel. Kata kunci ada dua jenis, yaitu kata kunci utama dan kata kunci turunan. Anda bisa menggunakan situs https://neilpatel.com/ubersuggest/ untuk bisa mencari kata kunci turunan yang berkaitan.

2. Buatlah judul yang menarik dan mengundang minat baca

Judul sebuah artikel yang baik adalah judul yang tidak lebih dari 60 karakter serta mengandung kata kunci utama. Jenis judul seperti ini biasaya memiliki “nilai” yang lebih tinggi di mata mesin pencarian. Selain itu, judul yang mengandung angka serta melibatkan bracket atau tanda kurung juga memiliki poin lebih tinggi. Usahakan ketika membuat judul, buatlah seatraktif dan sebagus mungkin yang bisa mengundang minat baca visitor.

3. Buat artikel dengan panjang tertentu serta melibatkan keyword

Setelah menentukan judul, Anda bisa mulai langsung menggarap artikel yang ingin Anda tulis. Usahakan pada bagian pembukaan Anda mencantumkan paragraf dengan isi yang sangat menarik dan mampu membuat pengunjung betah berlama-lama untuk membaca. Setelah itu, buatlah artikel yang efektif untuk kaidah SEO yaitu sekitar 500 hingga 1.000 kata. Jangan lupa sisipkan kata kunci utama pada paragraf pertama serta kata kunci turunan yang diletakkan bebas.

4. Jangan lupakan aspek linking atau tautan

Sebuah artikel SEO akan memiliki score yang tinggi jika memiliki tautan setidaknya 1 tautan external (external link) dan 1 tautan internal (internal link). Anda bisa menautkan satu kata atau satu kalimat Anda pada link website di luar website Anda (external linking) atau pada link artikel di dalam website Anda sendiri (internal linking).

5. Sertakan gambar yang dilengkapi Alt Text

Pada proses unggah artikel, jangan lupa untuk memberi gambar pada artikel yang Anda unggah, setidaknya untuk thumbnail atau featured image. Pada pengaturan gambar, lakukan optimasi dengan cara memasukkan kata kunci utama pada bagian Alt Text. Dengan begitu, artikel Anda akan memiliki skor SEO yang lebih tinggi di mata mesin pencarian.

 

Itulah cara SEO artikel blog singkat yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya di internet. Jangan lupa gunakan step by step cara optimasi SEO pada artikel yang telah ami berikan di atas untuk meningkatkan rating website Anda ya. Selamat mencoba!

 

 

ACTION NOW !!

Postingan Lainnya