Gampang Banget! 4 Cara Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

  • March 13, 2019
  • Blog

Hampir setiap orang yang baru memiliki blog berpikiran bahwa isi blog yang diperbarui secara rutin akan memungkinkan laman postnya muncul pada halaman utama hasil pencarian Google. Memang ada benarnya, tetapi cara seperti itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit supaya blog bisa ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari. Jika kamu tidak menyukai cara yang ribet dan memerlukan waktu lama, maka solusinya adalah harus belajar SEO wordpress.

Jelas saja, bagi pemula juga perlu mempelajari tentang SEO supaya keinginan untuk mendapatkan banyak pengunjung bisa segera terwujud. Hal seperti ini wajar sekali karena saat membahas tentang blog ataupun web, tujuan yang ingin dicapai pasti ingin mendatangkan trafik yang banyak. Salah satu cara strategis yang dapat dilakukan adalah teknik SEO. Teknik ini dapat membantu kamu mendapatkan peringkat atau masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google.

4 Cara Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Sebenarnya ada banyak sekali pembahasan jika berbicara tentang teknik SEO. Tetapi untuk yang masih pemula sebaiknya belajar dan mencoba langkah – langkah mudah berikut ini. Tentunya artikel ini tidak akan membahas bagaimana menjadi juara dalam kontes SEO karena informasi yang diulas sangat mendalam dan cukup rumit bagi seseorang yang baru memasuki dunia blog. Pembahasan kali ini memang difokuskan mengenai cara mudah belajar SEO wordpress. supaya bisa mendapatkan banyak pengunjung dengan cepat. Berikut langkah – langkahnya:

1. Mencoba General Setting

Pada bagian general setting cobalah mengisi kolom site title sesuai dengan nama blog yang telah kamu buat diawal. Hal ini berfungsi untuk membuat nama blog menjadi mudah dikenali. Tujuan SEO sebenarnya bukan hanya untuk menempatkan blog pada halaman utama Google, tetapi juga untuk mengenalkan blog itu sendiri. Supaya pengunjung dapat dengan mudah mengingatnya. Ketika mereka telah mengingat nama blog kamu, mereka bisa langsung mengunjunginya tanpa harus melalui mesin pencari. Menarik bukan?

Baca: Cara Cepat Masuk Halaman 1 Google

2. Atur Permalink Setting

Mungkin bagi kamu yang masih berada di tahap pemula dalam dunia blog, istilah permalink ini masih terdengar cukup asing. Sebenarnya permalink sama saja dengan struktur URL. Permalik yang mengandung kata kunci akan memudahkan Google untuk mencari halaman blog kamu loh. Jika kamu menginginkan cara yang mudah, pilih saja jenis post name. Nantinya, URL yang dihasilkan akan mengikuti judul artikel yang kamu buat.

3. Plugin SEO

Mungkin kamu sama sekali tidak mengetahui atau tak terpikir kalau ada plugin yang dapat membantu SEO. Kamu bisa menggunakan plugin All in One SEO dan plugin YOAST. Namun contoh yang akan diberikan kali ini adalah dengan menggunakan All in One SEO.

Ada dua kolom yang perlu menjadi perhatian, yaitu kolom home title yang bisa diisi dengan nama blog dan dipadukan dengan kata kunci yang ditargetkan. Sementara kolom kedua adalah home description. Kolom ini berfungsi untuk menjelaskan secara ringkas apa saja pembahasan tentang blog kamu.

4. Plugin Sitemap

Untuk memberi gambaran tentang apa itu sitemap, kamu bisa membanyangkan daftar isi dalam sebuah buku. Pembuatan site map akan memudahkan robot Google untuk memindai secara menyeluruh artikel yang ada. Sama saja seperti membaca buku, maka bagian terpenting yang akan kamu lihat pasti daftar isinya terlebih dahulu. Sesuai dengan topik kali ini yang membahas tentang belajar SEO untuk pemula, maka informasi yang akan diberikan adalah langkah – langkah sederhana

Untuk mendapatkan cara yang lebih mudah dan praktis, kamu dapat menggunakan Google XML Sitemaps. Carilah pada menu add new plugin, kemudian ketikan nama tersebut lalu instal. Tanpa memerlukan pengaturan tambahan, plugin tersebut dapat langsung bekerja.

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

Artikel Kami Lainnya

Lihat posting lainnya