Fakta Pembaruan Algoritma Google Beserta Dampaknya Pada Website

Pembaruan Algoritma Google

Sudah kenalkah Anda dengan algoritma Florida? Bagi orang-orang yang bergelut di dunia blog dan SEO (Search Engine Optimization) tentunya sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Pada dasarnya, algoritma merupakan teknik kalkulasi mesin penelusur Google untuk mengindeks website yang masuk ke Google. Algoritma Florida inilah yang menjadi jenisnya terbaru.

Lantas, apa saja fakta tentang algoritma Florida ini dan bagaimana pembaruannya?

Penamaan Algoritma Google Update

Pembahasan dan fakta pertama yang akan diulas adalah perihal penamaan. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya kenapa algoritma saat ini dinamakan Florida?  Pada dasarnya, penamaan Florida ini didasarkan pada penamaan yang dilakukan oleh tim komunitas SEO. Yang mana, pada saat penentuan nama bertepatan dengan konferensi 2019 Pubcon Florida.

Atas hal tersebut, penamaan pun menjadi Algoritma Florida. Hanya saja ada penambahan jadi update 2-nya sebab pada awal 2000-an sudah sempat menggunakan algoritma Florida update yang pertama. Sementara untuk penamaan berdasar WebMaster World masih disebut sebagai Pembaruan Google, begitu istilah tradisionalnya.

Menjadi Update-an Google yang Paling Besar

Dibanding Google update yang sudah dilakukan sebelumnya, update Florida ini diklaim sebagai update paling besar oleh Google. Pada dasarnya, setiap hari Google memang melakukan update-nya untuk terus memperbaiki dan memperbarui sistemnya agar tetap baik dan stabil. Meskipun demikian, perubahan-perubahan tersebut tidak terlalu berdampak banyak. Hanya pembaruan-pembaruan besar saja yang biasanya cukup berdampak.

Berbeda dari pembaruan sebelumnya, Google yang terbiasa mengubah tatanan aturan perihal penentuan ranking atau urutan situs di pencarian untuk saat ini melakukan pembaruan lebih lekat berhubungan dengan Neural Matching. Meskipun begitu, pembaruan ini tetap berdampak pada urutan situs di halaman Google.

Pembaruan Broad Core untuk Perbaikan Sistem

Pembaruan Broad Core

Jika Anda memerhatikan beberapa berita yang beredar, maka akan ditemukan pernyataan yang menyatakan bahwa Google akan menargetkan rate berdasarkan niche blog tertentu. Namun sebetulnya, hal tersebut belum benar-benar ditentukan atau dipastikan. Pasalnya, setiap pembaruan broad core  tidak memilah setiap topik pembahasan, namun justru fokus untuk pembaruan sistem.


Baca ini juga: Kriteria Template SEO Friendly dengan Harga Murah


Jika pun ada issue perihal pemfokusan pada niche-niche blog tertentu, itu bisa didasarkan pada trend yang sedang berlaku pada satu waktu tertentu. Sehingga pembahasan yang ditemui di search engine pun lebih related perihal trend tersebut dan banyak dicari user. Anda bisa menggunakan jasa SEO murah untuk mengatasi hal tersebut dan mengetahui trend apa yang biasanya banyak dicari.

Berpengaruh Pada Search Query

Banyak yang bertanya-tanya, apa dampak yang dihasilkan dari pembaruan broad core algoritma Google ini? Salah satu hal yang paling kentara adalah perihal search query atau hasil interpretasi input pencarian. Jika diperhatikan lebih teliti, banyak pengaruh yang ditimbulkan, khususnya bagi web-web besar.

Kadangkala, Anda bisa melihat situs yang biasanya masuk di page awal mesin pencari, justru rangking-nya menjadi turun. Bisa jadi hal tersebut memang terjadi karena bentuk adaptasi, meskipun belum ada rilis secara resmi perihal dampak dari pembaruan. Namun yang paling pasti serp-nya akan diperbarui. Bagi Anda yang aktif di blog, cara mengatasinya secara pasti yaitu links dan membuat konten terbaik yang juga sangat berperan.

Di samping dua hal itu, tentu teknik dan strategi lainnya pun penting untuk diperhatikan, seperti keyword density ideal hingga struktur lainnya. Meskipun pembaruan broad core ini disebut sebagai yang terbesar, namun tidak banyak yang diperbaiki. Intinya, pegiat blog hanya perlu terus dan terus memperbaiki kualitas situs dan konten yang dibuat.

Jika Anda menggunakan Jasa SEO Jakarta dari JayaSEO misalnya, tentu pihak Kami akan memerhatikan hal tersebut. Dengan begitu, pembaruan apapun yang dilakukan tidak akan berdampak banyak pada indexing Google nantinya. Sehingga konten yang dimiliki tetap baik dan rangking-nya tidak mengalami perubahan besar karena pembaruan.

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

Artikel Kami Lainnya

Lihat posting lainnya