Cara Memblokir Backlink Negatif Dengan Google Disavow

  • January 10, 2020
  • Blog

Search Engine Optimization atau SEO merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi pada sebuah website. Tujuannya adalah agar website atau blog tersebut terindex oleh Google dan menempati peringkat tinggi dalam search engine result page atau serp. SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

Metode yang paling sering digunakan dalam melakukan SEO Off Page adalah menggunakan backlink. Backlink bisa kita dapatkan apabila ada website lain yang mencantumkan atau menyisipkan url website kita di dalam kontennya.

Cara Memblokir Backlink Negatif

Karena akhir-akhir ini marak sekali backlink yang tidak berkualitas dan juga spam, Google sering melakukan pembersihan. Google akan mengenakan penalti pada website yang melanggar.

Menghindari penalti dari Google maka kita juga harus melakukan pencegahan terlebih dahulu. Tidak semua backlink yang kita miliki akan berdampak baik untuk kelangsungan website kita di masa depan.

Kali ini Jayaseo.com akan membahas tentang cara blokir backlink negatif dengan Google Dissavow. Tujuannya adalah untuk memblokir backlink dari website yang sifatnya negatif dan juga spam.

3 Cara Menggunakan Google Disavow Untuk Blokir Backlink Negatif

Sebelum kita melakukan disavow backlink, sebaiknya kita melakukan pengecekan terlebih dahulu. Kali ini kita akan menggunakan tools yang disediakan oleh moz untuk melakukan pengecekan terhadap backlink yang kita miliki. cukup dengan memasukkan url atau link website kita pada tools yang disediakan oleh moz. Tools ini akan memberikan hasil berupa website yang memberikan backlink kepada kita.

Ambang batas wajar dari tingkat spam backlink sebuah website yaitu 10% hingga 20%. Jika lebih dari itu sebaiknya kita melakukan pembersihan. Berikut ini cara disavow backlink selengkapnya.

1. Membuat Daftar Backlink yang Akan Diblokir

Cara Blokir Backlink Negatif

Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat atau melakukan disavow backlink adalah membuat list terlebih dahulu. Daftar ini berisi alamat atau URL dari website yang bersifat negatif maupun spam. kita bisa mendapatkan list ini dari tools moz yang telah kita gunakan untuk melakukan pengecekan tadi.

Untuk membuat ini kita bisa menggunakan text editor berupa notepad yang sudah disediakan secara default di sistem operasi Windows. Simpan daftar tersebut dengan ekstensi *.txt.

2. Buka Situs Disavow Links

Buka situs https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main yang dapat digunakan untuk memblokir website atau blog yang memberikan backlink negatif kepada kita. Setelah membuka Disavow Links dari Google, kita diminta untuk login menggunakan akun yang telah kita miliki.

3. Mengupload file

cara Disavow backlink

Pada langkah pertama kita telah menyiapkan list atau daftar dari website yang akan kita blokir sehingga tidak dapat lagi memberikan backlink kepada kita. File yang berisi daftar ini akan kita upload pada laman disavow Link.

Pilihlah satu website atau blog yang akan kita musnahkan dari backlink yang bermasalah. Setelah itu tekan tombol merah yang berisi perintah “disavow links”. Setelah itu akan muncul pilihan untuk mengupload file. Pilih file yang berisi list tadi untuk di upload.

Lanjutkan proses pemblokiran dengan mengikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk. Setelah selesai maka website yang kita blokir tidak dapat lagi memberikan backlink kepada website kita.

Baca juga: Kriteria Backlink Berkualitas yang Bisa Menunjang Perkembangan Website

 

Demikianlah cara memblokir backlink negatif dengan Google Disavow yang dapat kita gunakan untuk memblokir website yang bersifat negatif. Cara ini dapat kita lakukan secara rutin misalnya satu bulan sekali maupun 2 bulan sekali untuk memastikan website kita benar-benar bersih dari spam backlink.

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

Artikel Kami Lainnya

Lihat posting lainnya