2018 Telah Dilalui, Inilah Prediksi Tren SEO 2019

  • January 28, 2019
  • Blog

tahun-2018-segera-berakhir-inilah-prediksi-tren-seo-2019

Tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan mana kala ingin mendapati posisi web kamu ada di posisi teratas kecuali terus memperhitungkan taktik SEO setiap waktu. Bagaimanapun kamu tentu sadar bahwa Google tak pernah berhenti mengembangkan kualitas mesin pencariannya. Mereka tak kunjung lelah mengupdate algoritma untuk menghasilkan hasil pencarian yang memuaskan bagi para pengguna.

Arus kehidupan manusia dari tahun ke tahun selalu diiringi dengan perubahan tren. Metode SEO juga punya tren tersendiri. Itulah mengapa kamu dituntut up to date soal strategi optimasi. Betapa bijaknya bila kamu senantiasa mempersiapkan diri menghadapi tren terbaru dalam SEO. Berhubung kita sudah melewati tahun 2018, dimana Google meresahkan para pemain optimasi karena semakin memperhatikan aspek Page Speed dan Mobile Friendly mari kita coba memprediksi apa selanjutnya yang akan menjadi tren di tahun 2019.

 

Tren SEO Yang Mungkin Hadir di Tahun 2019

Kami selaku admin dari Jayaseo.com telah cukup mengamati perbincangan di berbagai forum pegiat internet marketing. Dari situ kami coba mengumpulkan apa saja yang sedang gencar dikembangkan oleh Google. Menurut kami inilah yang mungkin jadi tren SEO 2019.

  • Mobile Ranking Diutamakan

Sebagai orang yang sama – sama mengikuti perkembangan dunia SEO, kita ketahui tahun ini Google kian mementingkan aspek Mobile Friendly. Karena itu sangat mungkin bagi raksasa mesin pencari ini untuk menjadikan mobile ranking sebagai hasil pencarian utama mereka. Artinya segala tindakan dalam mengelola database meliputi perayapan, pengindeksan, dan penentuan peringkat akan didasarkan pada pencarian dari perangkat mobile.

Semakin masuk akal untuk terjadi mengingat saat ini trafik web lebih didominasi oleh kunjungan yang berasal dari pengguna smartphone. Jadi tak mengherankan jika Google akhirnya selalu memprioritaskan website dengan user interface yang ramah terhadap layar smartphone untuk diletakan pada posisi teratas. Bahkan meski pengguna search engine memakai perangkat desktop sekalipun hasil dari mobile rangking-lah yang akan mereka dapatkan.

Oleh sebab itu sebelum peringkat web kamu mengalami penurunan akibat imbas dari tren ini, pastikan kamu sudah menyiapkan web kamu menjadi benar – benar mobile friendly. Tidak usah bingung, Google sudah menyediakan panduan bagi kita, akses saja laman webmaster berikut ini.

https://webmasters.googleblog.com/2017/12/getting-your-site-ready-for-mobile.html

  • Pencarian Suara Mulai Ikut Berpengaruh

pencarian-suara-mulai-ikut-berpengaruh

Sekilas memang fitur voice search dari Google tampak sama dengan pencarian biasa yang mengharuskan penggunanya mengetikan kata kunci. Sebab pada metode pencarian ini kita hanya mengucapkan sesuatu yang ingin kita cari sehingga kita berfikir itu sama saja dengan memberikan kata kunci kepada mesin pencari. Hanya saja kita tidak perlu repot mengetiknya.

Memang betul demikian namun perlu kamu ketahui bahwa terdapat algoritma Hummingbird yang Google miliki. Algoritma tersebutlah yang menjadi landasan bagi pihak pengembang untuk mulai menciptakan fasilitas pencarian suara sejak lima tahun lalu. Hummingbird saat ini sudah mampu menentukan konteks dari sejumlah kata yang diucapkan pengguna secara bersamaan sehingga hasil pencarian yang diberikan pun lebih natural.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari VoiceLabs, diperhitungkan sebanyak 25 juta pengguna Google sudah memakai fasilitas ini. Dari situ diperkirakan selang beberapa tahun ke depan voice search akan lebih dominan dimanfaatkan ketimbang teks.

Tahun 2019 pun tentu akan semakin banyak orang menggunakan pencarian suara karenanya cobalah untuk mengoptimasi web kamu dengan menerapkan kata kunci yang lebih bervariatif. Kenapa begitu? alasannya karena pencarian suara umumnya diucapkan kata kunci yang familiar muncul dalam percakapan sehari – hari. Selain itu boleh juga dengan menambahkan kalimat tanya pada artikel yang kamu posting sebab saat melakukan pencarian suara pengguna akan seolah – olah bertanya kepada Google.

  • Website Dengan Konten Detail dan Mendalam Adalah Prioritas

Hari ini kita temukan Google sudah mampu memberikan hasil pencarian berkualitas. Kamu dengan mudah bisa menemukan informasi akurat yang kamu butuhkan. Laman web berisi konten berkualitas yang mampu menjawab pencarian kita pasti akan tersaji di halaman pertama. Intinya laman tersebut memang layak ada disana. Tidak hanya menurut penilaian Google namun juga menurut para pengguna.

Kenyataannya tren ini tetap akan berlanjut hingga seterusnya. Jadi masih pantaskah kita beranggapan, sekedar membangun kerajaan backlink sudah cukup bagi optimasi web kita? Sebelum berakhirnya tahun ini ada baiknya kita juga membenahi lagi konten – konten di situs kita bersamaan dengan memperbaiki kualitas diri kita sendiri di tahun yang akan datang. Jadikan peningkatan skill menulis konten sebagai salah satu resolusi kita di tahun 2019.

Kami rasa cukup sekian dulu. Terima kasih telah menyempatkan diri untuk menyimak tulisan sederhana ini. Ucapan terima kasih secara spesial tak lupa kami sampaikan kepada anda yang telah mempercayakan segala pekerjaan SEO kepada kami.

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

Kami menawarkan layanan Jasa SEO profesional yang mampu meningkatkan peringkat website di search engine Google melalui pencarian organik, agar dapat bersaing walaupun dengan menggunakan kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts