best digital marketing forever!

Pemahaman SEO dan Istilahnya

Mungkin sebagian besar orang sudah familiar dengan istilah seo, karena begitu banyak yang diperbincangkan dalam urusan yang satu ini. Tapi disini kami hanya mengulas sedikit mengenai pemahaman seo dan istilahnya bagi siapa saja yang belum mengetahui tentang seo.

Definisi SEO

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization. Maksudnya ialah kegiatan yang dilakukan dalam mengoptimalkan suatu website ke dalam search engine. Dalam hal ini search engine yang dimaksud adalah google. Jadi bila ada yang menawarkan jasa seo, maka tujuannya adalah membantu mengoptimalkan posisi website anda agar bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung. Bagaimana suatu website agar bisa lebih optimal di search engine? Yaitu dengan menaikkan posisi rangking website anda menjadi No.1 atau halaman 1 di search engine. Dengan begitu kita pasti bisa mendatangkan banyak pengunjung dan tentunya menghasilkan dari produk yang kita jual. Itulah jika kita mampu mengoptimalkan dengan seo untuk suatu website.

SEO-Link-Building

Istilah yang digunakan dalam SEO

Dalam Seo ada beberapa istilah yang harus anda kenal. Disini kami hanya membeberkan beberapa saja yang dianggap penting.

  • Onpage Seo ; maksudnya adalah pengaturan Seo yang dilakukan didalam badan website.
  • Offpage Seo ; maksudnya adalah cara yang dilakukan dalam mengoptimalkan website yang berasal dari luar website kita.
  • Inbound Link / Backlink ; adalah link dari website atau blog lain yang mengarah ke website kita. Salah satu faktor yang digunakan Google untuk menaikkan ranking sebuah website adalah kualitas backlink yang didapatkan oleh sebuah website.
  • Outbound Link ; adalah link dari website kita yang mengarah ke website lain.
  • Dofollow ; adalah jenis link yang poin nya akan diteruskan oleh google ke halaman yang dirujuknya.
  • Nofollow ; adalah kebalikan dari Dofollow, yaitu google tidak akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.
  • Keyword ; adalah kata kunci utama yang ditekankan dalam sebuah halaman.
  • Link Building ; adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke website anda.
  • One Way Backlink ; adalah backlink satu arah seperti melakukan backlink dari blog comment.
  • White Hat Seo ; adalah teknik SEO yang sesuai dengan aturan dari Google. Misalnya adalah membuat konten yang unik dan bermanfaat, mendapatkan link dari website yang relevan, tidak terlibat dalam jual beli link, dan membuat website yang bermanfaat bagi visitor.
  • Black Hat Seo ; adalah teknik SEO yang dimaksudkan untuk “mengakali” Google. Misalnya adalah cloacking, doorway page, membuat duplikat konten, hidden text, link farm, dll.
  • Long Tail Keyword ; adalah kata kunci panjang yang berfungsi agar kita lebih mudah rank tinggi di google karena tingkat persaingan yang lebih sedikit.

Mungkin hanya itu yang bisa kami share yang menurut kami penting dan masih terdengar asing di telinga kita. Semoga pemahaman Seo dan istilah yang singkat ini bisa membuat anda mengerti pentingnya Seo untuk kebutuhan website kita. Jaya dan Sukses bagi bisnis anda.