best digital marketing forever!

Memahami Update Algoritma Google Fred 2017

Kalian pernah merasa aneh pada awal bulan maret ini? Tentunya bagi kalian seorang internet marketing pernah merasa heran karena trafik telah mengalami perubahan entah itu naik atau turun pada awal bulan Maret 2017. Hal ini disebabkan karena Google baru saja mengeluarkan algoritma baru yang dinamakan dengan sebutan algoritma fred.

google fredAlgoritma Fred merupakan sistem yang sudah dirancang oleh Google dengan kombinasi algoritma pendahulunya. Pada dasarnya, sudah banyak website yang tumbang karena munculnya algoritma ini, hal tersebut dikarenakan pengaruh besar algoritma terhadap hasil SEO. Timbul dibenak kita semua kira-kira apa saja yang menjadi highlight di algoritma terbaru ini? Sebagai salah satu mesin pencari terbesar di seluruh dunia saat ini, Google ingin memberikan kepuasan kepada penggunanya dengan hasil pencarian yang relevan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh semua penggunanya.

Nah, pada kasus algoritma fred kali ini Google ingin mengeluarkan pengaruh besar kepada relevansi website dengan melihat sturktur backlink. Seperti yang kalian ketahui backlink terbagi menjadi 2 macam yaitu internal dan eksternal backlink.

Internal backlink adalah sebuah backlink yang mengarah ke halaman atau posting lain di satu website yang sama sedangkan ekternal backlink merupakan link yang mengarah pada website yang berbeda. Perbedaan yang muncul akibat perubahan algoritma adalah ika dahulunya kalian hanya perlu memahami struktur backlink external yang relevan, untuk sekarang anda harus menambah satu perhatian karena Google menyempurnakan penilaian dengan internal backlink.

Kalian pasti pernah membuat internal backlink dengan kutipan “baca juga” – link yang menuju ke postingan lain. Nah, hal tersebut sangat diperhatikan kali ini pada algoritma fred. Mengapa demikian? hal tersebut karena algoritma fred mulai memfilter kualitas artikel dari relevan internal backlink yang diberikan.

Jadi internal backlink diusahakan untuk dibuatkan link terkait yang berkaitan dengan artikel yang diposting saat itu. Artinya jika artikel yang kalian buat kali ini membahas tentang SEO, maka secara bijak internal backlink yang akan diberikan harus relevan dengan konten yang berkaitan dengan SEO tentunya.

Penyebab Google Dance Selain Algoritma Fred

Penyebab naik atau turunnya peringkat web saat ini, ternyata tidak hanya disebabkan oleh update algoritma google fred.  Namun, jika dipahami saat ini default google sudah tidak mengarahkan ke pengguna google.co.id.

Tentu saja kita sebagai pengguna yang menggunakan IP Indonesia biasanya akan di otomatiskan atau di arahkan ke google.co.id walaupun dengan menghentikan google.com pada browser itu tidak terlalu berlaku lagi seminggu belakangan ini.

Seperti yang sudah kita semua ketahui google yang menampilkan hasil berbeda antara co.id dengan .com jika pada kasus kali ini peringkat website kalian tidak akan berubah, tidak akan naik turun pada google.co.id tapi dengan hasil tampilan saat ini merupakan google.com dan peringkat website kalian di google.co.id maka nantinya web kalian akan mengalami penurunan traffic yang cukup signifikan.