best digital marketing forever!

Google Hawk Algoritma Terbaru Yang Mempengaruhi SEO Lokal

Google Hawk Algoritma Terbaru Yang Mempengaruhi SEO LokalKami sebagai pemain di bisnis Jasa SEO Profesional selalu berusaha untuk mengembangkan wawasan tentang segala sesuatu yang dapat berpengaruh terhadap kinerja optimasi mesin pencarian. Khusus untuk topik dari artikel yang satu ini pun adalah salah satu wawasan yang boleh dibilang terbaru di tahun 2017 karena topik ini adalah tentang update algoritma Google yang dilakukan pada bulan September lalu. Dan kami yakin sobat pembaca masih dirudung rasa penasaran karenanya.

Jika sebelumnya telah muncul algoritma dengan nama yang tak biasa yaitu Google Fred maka kali ini Si Raja Mesin Pencari pun kembali memakai nama hewan untuk menyebut algoritma terbarunya yaitu Hawk (Elang). Pengaruh kuat yang datang bersamaan dengan algoritma ini berkaitan dengan hasil penelusuran lokal dan hanya itu saja. Jadi praktisi SEO yang menangani website dengan tidak menjadikan kata kunci lokal sebagai targetnya bebas dari masalah baru dan cukup menjadikan Google Hawk sebatas pengetahuan.

Adapun yang dimaksud dengan kata kunci lokal adalah kata kunci yang mengandung nama – nama lokasi, daerah, kota, dan sejenisnya. Sebagai contoh kata kunci lokal antara lain adalah KAOS MURAH BANDUNG, SEWA KANTOR JAKARTA, dan lain – lain. Jika kata kunci yang ditargetkan adalah semacam itu maka alangkah lebih baik jika memperhatikan maksud Google menghadirkan algoritma baru tersebut.

maksud algoritma hawk

Mengetahui Maksud dan Tujuan Google Hawk

Target utama dari algoritma Google Hawk adalah website – website yang digunakan untuk berbisnis dengan jangkauan pemasaran produk berskala lokal. Google sedang bermaksud untuk menghindari adanya sebuah perusahaan yang mendominasi halaman satu hasil pencarian dari kata kunci tertentu.

Dengan melihat penjelasan di atas maka para pebisnis online yang menghadirkan sejumlah website guna memadati halaman pertama patut resah. Ada kemungkinan beberapa website tersebut mengalami penurunan peringkat. Namun tetap saja itu terjadi saat Google telah berhasil mendeteksinya sebagai kumpulan website yang berasal dari satu perusahaan.

Cara Kerja Google Hawk

Sekarang saatnya kita membicarakan cara kerja Google Hawk sehingga dapat mempengaruhi SEO. Dengan algoritma ini Google akan meninjau nomor telepon dan alamat yang digunakan oleh website. Jika kedapatan ada beberapa website yang memakai nomor telepon serta alamat yang sama maka dengan sendirinya Google Hawk akan menyingkirkan beberapa website dari halaman pencarian.

Ada kemungkinan hanya beberapa halaman saja sebab ingatlah bahwa algoritma ini hanya menyasar ke kata kunci lokal. Jadi halaman website yang tidak mengincar kata kunci seperti itu tidak akan tereleminasi.

Namun masalah lain muncul karena kita harus mendaftarkan website pada Google My Business sebagai bisnis lokal agar tidak dijauhkan dari halaman pertama hasil pencarian. Otomatis kita mendaftarkannya dengan memasukan alamat dan nomor telepon. Kondisi ini di sisi lain justru menjadikan kita sulit untuk memenuhi halaman pertama dengan website kita. Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi ini, harus sepandai – pandainya kita mendaftarkan masing – masing website dengan memberikan informasi alamat yang berjauhan dan nomor telepon yang berbeda.