best digital marketing forever!

Gempa SEO di Algoritma Google Panda Terbaru 2014

Beberapa bulan yang lalu atau tepatnya bulan Mei 2014, google meluncurkan algoritmanya yang terbaru dengan nama Algoritma Google Panda versi 4.0. Ada hal yang menarik dari update-an google kali ini terutama saat mengoptimalkan seo pada website untuk meningkatkan peringkat di search engine. Pada saat itu gempa seo di peringkat search engine bergejolak, dan tidak sedikit website yang bergoyang bahkan terlempar secara tiba-tiba dari peringkat teratas Google. Begitupun untuk para owner website yang memiliki kualitas Onpage tidak sesuai dengan ketentuan dari Google, maka siap-siap saja untuk digoyang dan dilempar dari halaman satu. Lalu seberapa pengaruhnya kira-kira algoritma panda versi 4.0 bagi pemilik website? Dan persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah dampak yang dihasilkan dari algoritma saat ini?

Pengaruh Algoritma Google Terbaru 2014

Google-panda-4

Persiapan Menghadapi Algoritma Google Panda

Ada beberapa persiapan dalam menghadapi algoritma yang satu ini dengan mengetahui kesukaan atau kesenangan dari si Panda itu sendiri 😀

  1. Si Panda ternyata senang dengan sebuah situs yang suka melakuan spesialisasi. Maksudnya adalah situs yang isinya membahas niche tertentu akan diangkat di serp dengan tinggi-tinggi oleh si Panda. Berbeda dengan suatu situs yang isinya membahas yang beraneka ragam (gado-gado), pasti akan kena teguran oleh si Panda dengan cara memberi pukulan yang sakit di serp search engine.
  2. Agak berbeda dengan sebelumnya, bahwa si Panda saat ini senang dengan konten yang berkualitas dan bukan kuantitas. Jadi bila website anda terdapat suatu konten yang memiliki kualitas rendah, maka sebisa mungkin segera di hapus karena bisa menjadi beban berat untuk melakukan optimasi.
  3. Periksa dengan teliti mengenai bounce rate di setiap halaman web anda, karena bounce rate yang tinggi bisa membangunkan si Panda dari tidur.
  4. Usahakan si Panda tidak melihat situs yang terdapat banyak iklan di header atau diatas website anda yang membuat artikel pertama anda harus di scroll terlebih dahulu. Karena si Panda senang dengan artikel yang terlihat langsung saat dibuka pertama kali tanpa harus dihalangi oleh iklan ataupun gambar yang mengganggu.
  5. Gunakan ilmu Seo Onpage dalam menulis suatu artikel agar sesuai dengan aturan mainnya. Hal ini yang terkadang disepelekan oleh para pemilik website dalam meningkatkan kualitas webnya melalui proses meta tag dan sebagainya. Begitupun jika anda menggunakan layanan jasa seo, maka carilah dengan menggunakan kata kunci untuk mengetahui apakah layanan tersebut memang sudah menerapkannya atau belum. Jika belum maka tinggalkanlah.

Sebelum mempersiapkan itu semua, sekali lagi harus sudah mengenal terlebih dahulu mengenai Pemahaman Seo dan Istilahnya, agar setiap mengikuti perkembangan algoritma Goolge yang terbaru tidak buta terhadap apa yang harus dilakukan ke depannya. Yang paling terpenting berusaha terus dan belajar selalu setiap pengalaman yang sudah kita lalui. Kami yakin semua pasti bisa !