best digital marketing forever!

Dampak Serangan Hacker Terhadap Serp Website di Google

Dampak serangan hacker terhadap serp suatu website di Google ternyata sungguh ironis. Pasalnya bagi website yang terkena serangan hacker pasti akan mendapatkan kado istimewa dari Mbah Google berupa label berharga di mesin pencari. Contohnya :
Label pertama : This site may be hacked (atau)
Label kedua : This site may harm your computer

Jika memang telah mengetahui bahwa website kita di hack, maka sebisa mungkin segera bertindak dan jangan terlalu lama. Ketika terlalu lama ditangani maka search engine Google akan melacak dengan Crawlnya dan jangan heran dan kaget kalau tiba-tiba akan mendapatkan label seperti contoh diatas. Dan yang terburuk adalah hilangnya website dari search engine dengan kata kunci yang mungkin sudah berada di posisi teratas.

Mencegah Lebih Baik daripada Harus Mengobati

Dalam upaya membantu para pengguna internet yang ingin melakukan usaha melalui online dengan membuat sebuah website, maka diharapkan mempertimbangkan dalam segi keamanan website. Sesuai pengalaman kami, membuat website itu mudah namun jika tidak memperhatikan masalah sistem keamanan website maka dapat berakibat fatal dan bisa merugi. Oleh sebab itu suatu pencegahan akan lebih baik daripada harus mengobati.

Kami pun juga menyadari namanya suatu sistem di website pasti akan lambat laun akan dapat dibobol juga, tapi minimal kita bisa lebih mengulur waktu daripada harus terinfeksi lebih dini. Dalam hal ini diwajibkan bagi Anda sebagai pemilik website untuk mendaftarkan website ke Webmaster Tools untuk mengetahui dan menganalisis kesehatan website jika terkena dampak seperti ini ataupun yang lainnya.

Tindakan Ketika Website di Hack dan Mendapatkan Label dari Google

Tindakan ketika website kita di hack dan telah mendapatkan label seperti diatas adalah dengan cara sebagai berikut:

1. Buat Website Down dan buat tampilan Maintenance
Dalam hal ini Anda harus menginformasikan kepada pihak hosting agar tidak berdampak kepada situs lain. Setelah website down maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

2. Memeriksa Sifat Serangan
Untuk memeriksa sifat serangan bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman Google Diagnostik yang akan memberikan informasi tentang virus atau malware yang hadir di situs Anda. Untuk melakukan ini, gunakan URL (www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=situsanda.com), dan ganti bagian situsanda.com dengan alamat situs Anda. Setelah itu ada daftar yang harus Anda isi.

Lakukan pengecekan juga dari Webmaster Tools dengan cara masuk ke Security Issues. Hacker biasanya membuat halaman baru untuk tujuan berbahaya. Kemudian Anda bisa melakukan scan terhadap komputer Anda. Periksa dan lihatlah apakah tidak ada virus yang menyamar sebagai gambar (it happens!). Ini adalah salah satu cara termudah untuk meng-hack seseorang. Juga periksa apa saja extensi browser yang Anda gunakan, dan hapus semua yang tidak diperlukan.

Gunakan fitur Fetch as Google pada Webmaster Tool untuk mendeteksi halaman lain yang mengandung virus dan gunakan Link Removal Tool untuk menyembunyikan halaman tersebut sementara dari pengguna dan mesin pencari sehingga pengguna terhindar dari virus.

3. Menghapus Konten yang di Hack
Setelah mengetahui masalahnya dimana, maka langkah selanjutnya adalah menghapus konten atau file tersebut. Sebenarnya jika Anda melakukan backup data website baik itu seminggu sekali atau sebulan sekali maka anda tidak perlu repot melakukan pengecekan. Anda tinggal menghapus file yang sudah terinfeksi dan mengganti dengan file backup yang terakhir.

Setelah itu lakukan full protect website dengan baik dan mengganti semua data akun yang ada. Terutama database MySQL, Table Prefix, Config, Ubah Permission Cpanel dan lainnya. Jika tidak bisa melakukannya sendiri karena belum terlalu paham, maka Anda bisa gunakan Jasa Developer Website yang sudah ahli untuk melakukannya. Kami juga siap membantu bila Anda ingin melakukan proteksi website agar terhindar dari serangan hacker.

4. Meminta Review kembali kepada Google bahwa website telah pulih kembali
Langkah terakhir ketika website Anda benar-benar sudah bersih dari virus, malware atau sejenisnya maka tinggal meminta Review kembali kepada Google dengan cara mengunjungi Webmaster Tools, kemudian klik Security Issues, selanjutnya klik Request a review. Google akan meninjau situs Anda lagi dan menghapus peringatan jika situs Anda sudah bersih.

Tindakan ini hanya menghilangkan peringatan malware yang ditampilkan kepada pengguna. Jika hacker telah melakukan spam, Anda mungkin akan diberi hukuman. Untuk memperbaiki itu, Anda  perlu untuk mengajukan permohonan peninjauan kembali ke Google dengan cara memasukkan ulang website ke mesin pencari dengan menggunakan fitur Fetch as Google pada Webmaster Tool agar posisi rangking website Anda ke posisi semula.

Sebenarnya bila Anda sudah mengetahui website di hack lebih dini, kemungkinan besar tidak perlu melakukan seluruh tindakan seperti diatas. Sebab Google belum mendeteksi secara menyeluruh. Ketika hack baru terjadi, maka secepat mungkin kita bisa melakukan tindakan hanya Langkah No.3 saja. Tapi dengan syarat Anda harus bisa mengecek secara Manual file-file yang telah terinfeksi.