best digital marketing forever!

Cara Riset Keyword Agar Mudah Tembus Page One Google (SEO Expert)

Kali ini saya akan bahas tentang bagaimana cara melakukan riset keyword dengan jitu agar mudah masuk ke halaman pertama Google. Artikel ini lanjutan dari Belajar SEO 2 yang membahas tentang cara Memahami Update Algoritma Google Penguin dan EMD.

Sebenarnya teknik yang akan dijelaskan ini merupakan teknik yang sering digunakan para Master SEO (SEO Expert). Jadi bila ada yang belum memahami setiap poin yang akan dipaparkan disini, sebaiknya pelajari dulu teknik riset keyword dasar dengan melakukan pencarian di search engine.

menentukan-keyword

Riset keyword (Research Keyword) adalah poin utama kita sebelum memulai membangun kerajaan bisnis di online. Hampir semua aspek yang akan kita awali untuk berbisnis di online harus memahami betul cara penggunaan teknik yang satu ini. Karena teknik riset keyword merupakan awal dari kesuksesan bisnis di internet.

Untuk melakukan riset keyword sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun para ahli biasanya menggunakan tools berbayar agar mudah dan efisien. Berikut langkah-langkahnya :

1. Scraping Keyword
Pada proses awal biasanya kita akan melakukan pencarian keyword yang related dengan niche yang diinginkan. Misalnya saja nichenya tentang “komputer rakitan” atau yang lainnya. Untuk melakukan proses ini biasanya ada beberapa tools yang sering digunakan diantaranya Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan tools2 expert untuk menganalisanya seperti MNF(Micro Niche Finder), Long Tail Pro, Market samurai, dan SEMRush.

Misalnya dalam proses ini Anda menggunakan Ubersuggest maka berikut langkah-langkahnya.

a. Buka https://ubersuggest.io

b. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan niche/topik website Anda (misal : komputer rakitan).

c. Setelah itu akan muncul kata kunci sesuai dengan pencarian.

d. Usahakan cari longtail keyword terlebih dahulu, minimal 3 kata atau lebih. Anda bisa mengklik expand this keyword untuk mendapatkan kata kunci turunan tersebut.

e. Pilihlah kata kunci dengan cara mencetang kemudian klik “keywords selected” atau bila Anda ingin langsung mendownload silakan klik “Download all”.

f. Jika ingin di copy paste silakan klik “View as text”. Kemudian blok yang ingin di copy dan pastekan di notepad.

Ok sampai sini selesai sudah proses scraping keyword.

 

2. Analisa Keyword
Proses selanjutnya adalah melakukan analisa dari kata kunci yang sudah kita dapatkan tadi untuk mengecek persaingan/competitor dari keyword tersebut dan web page competitor.

a. Keyword Competitor

Parameter yang sering dilihat dalam keyword competitor adalah : Allintitle, Allinurl, Allinanchor, relevant page. Dan untuk mengecek paramater tersebut biasanya menggunakan tool berbayar seperti MNF dengan melihat SOC dari tool tersebut. Jadi dengan tool ini kita akan melihat secara keseluruhan semua faktor Keyword Competitor. Perhitungan SOC ini didapatkan dari kalkulasi antara Allintitle, allinurl, dan Allinanchor. Sehingga kita akan menemukan keyword mana yang bisa kita gunakan terlebih dahulu dengan mengambil keyword yang tergolong Low Competition.

b. Web Page Competitor

Setelah mendapatkan keyword dengan persaingan yang rendah, langkah selanjutnya adalah kita harus menganalisa 10 website yang berada di posisi halaman pertama sesuai dengan keyword yang akan kita gunakan tadi. Kenapa harus dianalisa juga web page competetior? karena web page competitor merupakan persaingan yang sebenarnya untuk website kita nanti.

Parameter yang sering dilihat dari web page competitor adalah PR, DA, PA, Backlink, Link Juice, Domain Aged, TF, Social Factor. Ada cara memudahkan kita untuk melihat web page competitor kita, yaitu menggunakan matric KC dalam Long Tail Pro. Matric KC didapat bedasarkan kalkulasi nilai PA, Link Juice, Domain Aged dan Keterkaitannya dengan Title website yang berada di page one google.

Yang perlu diingat bahwa parameter atau metrik yang didapatkan dari tool-tool tersebut hanyalah sebagai indikator dan bukan hasil yang valid. Namun seluruh teknik atau penggunaan tools tersebut sudah dibuktikan dan keakuratannya mencapai 90% terutama dalam mencari keyword yang tergolong Low Competition dengan parameter sebagai berikut :

Keyword dengan Allintitle < 1000 , atau SOC < 30 atau KC < 30 biasanya selalu tergolong Low kompetisi

Kesimpulan : Parameter di ataslah yang menentukan mudah atau tidaknya keyword tersebut dapat tembus di halaman pertama Google.

Jadi kurang lebih seperti itu teknik riset keyword yang sering dilakukan para Master SEO untuk melakukan optimasi SEO agar lebih mudah untuk masuk ke page one Google dengan memanfaatkan keyword yang tergolong Low Competition.

Namun bila Anda tidak punya waktu untuk melakukan riset keyword seperti teknik di atas atau memang target keyword yang Anda inginkan bukanlah yang tergolong low kompetisi, maka ada 2 pilihan. Pilihan pertama mencurahkan waktu dan tenaga untuk mengoptimasi SEO website Anda atau yang kedua menggunakan jasa seo murah yang benar-benar sudah teruji dan terpercaya.